RSS

Perilaku lahiriah konsumen

Istilah perilkau lahiriah konsumen  juga dapat merujuk pada hal yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan serta semua yang mmempengaruhi konsumen.namun  prilkau lahiriah konsumen (overt consumer behavior) memiliki arti spesifik hal tersebut merujuk pada respon atau tindakan konsumen yang teramati dan terukur

Perilaku lahiriah merupakan komponen penting dari analisis konsumen.kesuksesan strategi pemasaran bergantung pada cara mengelola dan mengubah perilaku lahiriah konsumen.

Pertama,konsumen sering memiliki sikap positif mengenai produk tapi tidak membeli nya dan sikpa positif mengenai toko namun tidak berbelanja disana

Kedua, konsumen sering mencoba terlebih dahulu, kemudian memutuskan menyukainya atau tidak, dan akan mmebelinya lagi untuk produk berharga murah dan keterlibatan rendah, seperti permen batangan baru

Ketiga, kebanyakan strategi pemasaran tidak dapat sukses tanpa mempengaruhi perilaku lahiriah konsumen.meskipun beberapa strategi lanjutan dapat memfokuskan pada perubahan ingatan atau pengenalan iklan atau produk, dalam banyak kasus strategi pemasaran akhirnya dirancang untnuk mempertahankan  atau meningkatkan produk,jasa, atau toko tertentu. Hal tersebut biasanya dicapai dengan cara:
 1)  meningkatkan frekuensi pembelian dan penggunaan konsumen lama 
                         2)   mempertahankan tingkat pembelian dan penggunaan konsumen lama, 
                serta meningkatkan    pembelian dan penggunaan konsumen bar
             3)   meningkatkan pembelian dan penggunaan baik pada konsumen lama maupun konsumen baru. 

            Cara cara tersebut dapat terjadi hanya dengan mempengaruhi perilaku lahiriah konsumen

Pandangan tradisional mengenai proses pembelian atau proses adopsi (penerimaan) dalam pemasaran memperlakukannya sebagai serangkaian peristiwa kognitif yang diikuti oleh perilaku lahiriah tunggal,biasanya disebut adopsi atau pembelian. Periaku lahiriah konsumen juga memiliki model urutan perilaku yang terjadi dalam pembelian produk pada umumnya contohnya perilaku umum untuk pembelian barang-barang konsumen di toko eceran. Didalam model ini terdapat beberapa tahapan konsumsi yang terdiri dari tahapan prapembelian,tahapan pembelian dan tahapan pasca pembelian. Dalam setiap tahapan konsumsi tersebut juga terdapat jenis-jenis perilaku.seperti dalam tahap prapembelian terdiri dari perilaku kontak informasi dan akses dana. Dalam tahap pembelian terdapat perilaku hubungan dengan toko, hubungan dengan produk, dan transaksi. Dan yang terakhir dalam tahap pascapembelian terdapat perilaku konsumsi dan penyelesaian (pembuangan) dan komunikasi.

Referensi buku : Perilaku konsumen dan strategi pemasaran
pengarang         : J.Paul Peter
penerbit             : Salemba Empat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar